Anti Ribet, Berikut Cara Nonton TV Lewat Youtube dengan Nyaman

By | 28 Maret 2021

ethiopienne.com – Youtube adalah salah satu aplikasi yang populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan terutama pada masa pandemi. Popularitas tersebut semakin meningkat karena Youtube mampu menyediakan konten dan fitur yang menarik termasuk fitur untuk menonton televisi. Bahkan informasi mengenai cara nonton TV lewat Youtube semakin dicari oleh masyarakat.

Menonton TV melalui aplikasi Youtube dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif jika sedang berada dalam situasi tidak bisa menggunakan televisi berkabel. Cara-cara yang perlu dilakukan untuk menonton televisi via Youtube bisa dikatakan mudah dan tidak bikin repot. Kamu hanya perlu menyediakan handphone masing-masing. Lebih lanjut, berikut cara menonton TV lewat Youtube.

Sambungkan Handphone dengan Jaringan Internet

Cara nonton TV lewat Youtube yang paling dasar dan tidak boleh dilupakan adalah memastikan terdapat jaringan internet yang bisa digunakan. Kamu tidak akan bisa menonton televisi melalui aplikasi Youtube kecuali jika episode atau acara tertentu memang disediakan secara offline. Namun, untuk acara yang disiarkan secara online, handphone harus tersambung internet.

Kamu sebaiknya menggunakan jaringan internet yang berasal dari jaringan Wi-Fi, karena pada umumnya kapasitas jaringan yang dimiliki Wi-Fi cukup besar. Namun, jika memilih menggunakan jaringan dari paket data dari kartu tertentu, maka pastikan memiliki paket khusus Youtube agar lebih hemat.

Buka Aplikasi Youtube di Handphone

Jika jaringan internet sudah dipastikan terhubung dengan handphone, maka kamu dapat beralih kelangkah yang selanjutnya, yaitu membuka aplikasi Youtube. Youtube sejak awal diciptakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses dan berbagi video-video secara virtual. Setiap handphone pada umumnya sudah dipasang dengan aplikasi Youtube bersamaan dengan aplikasi-aplikasi bawaan dari Google lainnya.

Video-video dalam aplikasi Youtube dapat ditonton tanpa harus melakukan log in terlebih dahulu. Namun, jika ingin mengakses setiap fitur yang disediakan, maka sebaiknya kamu melakukan log in sebelum menonton. Log in pada aplikasi Youtube pun tidak ribet dan dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan akun Google yang digunakan pada handphone.

Cari Channel TV yang Ingin Ditonton

Sebelum mengetik channel TV yang ingin ditonton pada kolom pencarian Youtube, masyarakat harus memastikan channel tersebut memang tersedia di Youtube. Untuk masyarakat Indonesia, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak channel lokal yang bekerja sama dengan Youtube. Beberapa di antaranya adalah channel NET, RCTI, SCTV, TRANS7, ANTV, dan Global TV.

Pilih Video dengan Label “Live”

Setelah menentukan channel televisi dan mengetik pada kolom pencarian Youtube, kamu akan mendapat tampilan video-video yang berkaitan dengan channel tersebut. Untuk mempermudah mendapatkan video yang memang sedang disiarkan saat itu juga, tekan tombol menu yang terletak di sebelah kanan. Kemudian pada bagian menu fitur, pilih dan tekan tombol menu Live.

Tonton Youtube TV di TV

Kamu memang dapat menonton acara-acara yang disiarkan oleh channel tertentu melalui fitur baru dari Youtube yang dikenal dengan Youtube TV. Namun terkadang menonton Youtube TV di handphone akan membuat mata kelelahan karena ukuran layarnya kecil. Solusi terbaik dari masalah ini adalah memindahkan handphone ke televisi dengan ukuran layar lebih lebar.

Menonton YouTube TV di media TV dapat dilakukan hanya dengan menghubungkan handphone ke TV melalui kabel HDMI yang disediakan. Namun, yang harus diperhatikan adalah TV harus dalam keadaan mati ketika dipasangkan dengan handphone.

Fitur Youtube TV ini memang patut dicoba oleh kamu terutama bagi yang ingin menonton acara TV dimana saja berada. Selain lebih praktis, cara nonton TV lewat Youtube juga dapat dipraktekkan dengan mudah dan anti ribet. Kamu dapat menikmati talkshow, sinetron, film, acara kuis, berita terkini, dan sebagainya dari channel kesayangan.

Tinggalkan Balasan